Sabtu, 11 November 2017

HARI PAHLAWAN



HARI PAHLAWAN
   Hari pahlawan adalah hari dimana kita memeperingati pahlawan. Pahlawan adalah orang yang sangat berjasa, berani dan penuh pengorbanan bagi bangsa, negara, dan agama. Pahlawan juga orang yang sangat gagah berani karena mereka telah rela mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan.

  Kita memperingati bukan hanya sekedar merenungkan atau menghinangkan cipta, tetapi kita harus meneladani sikap pahlawan seperti soekarno yang bertanggung jawab, dan pahlawan lainnya. Memperingati dengan kata lain kita harus menghormati atau mengingat jasa-jasa pahlawan.
  
    Mengapa hari pahlawan di peringati tanggal 10 november ????   karena saat tanggal 10 november terjadi peristiwa besar yang ada di Surabaya. Pertempuran di Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pasuakan Indonesia dengan pasukan Britania Raya, Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme yaitu disebut dengan hari pahlawan dengan peristiwa ini kita harus tetap mengingatnya.


  Peristiwa itu terjadi karena Sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.Ch. Ploegman pada malam hari tanggal 18 September 1945, tepatnya pukul 21.00, mengibarkan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru), tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya, di tiang pada tingkat teratas Hotel Yamato, sisi sebelah utara. Keesokan harinya para pemuda Surabaya melihatnya dan menjadi marah karena mereka menganggap Belanda telah menghina kedaulatan Indonesia, hendak mengembalikan kekuasan kembali di Indonesia, dan melecehkan gerakan pengibaran bendera Merah Putih yang sedang berlangsung di Surabaya. Kemudian Jendral Soedirman dikawal oleh Sidik dan Hariyono melakukan perundingan dengan M.r Plogmen untuk meminta  menurunkan bendera Belanda, tetapi M.r Plogmen menolak untuk menurunkan bendera Belanda dan perundingan semakin memanas dan M.r Plogmen mengeluarkan pistol, terjadilah perkelahian di ruang perundingan. M.r Plogmen tewas karena dicekik oleh Sidik. Kemudian Sidik juga tewas oleh tentara Belanda yang berjaga-jaga dan mendengar pistol M.r Plogmen. Sementara Jendral Soedirman dan Hariyono melarikan diri keluar  Hotel Yamoto. Hariyono  yang semula bersama Soedirman, tapi Hariyono masuk kembali ke Hotel Yamoto dan terlibat dalam pemanjatan tiang bendera dan bersama Koesno Wibowo dan pemuda lainya berhasil menurunkan bendera Belanda, merobek bagian birunya, dan mengereknya ke puncak tiang bendera kembali sebagai bendera Merah Putih. Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani pada tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya. Bentrokan-bentrokan bersenjata di Surabaya tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober 1945 sekitar pukul 20.30. Mobil Buick yang ditumpangi Brigadir Jenderal Mallaby berpapasan dengan sekelompok milisi Indonesia ketika akan melewati Jembatan Merah. Kesalahpahaman menyebabkan terjadinya tembak menembak yang berakhir dengan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby oleh tembakan pistol seorang pemuda Indonesia yang sampai sekarang tak diketahui identitasnya, dan terbakarnya mobil tersebut terkena ledakan granat yang menyebabkan jenazah Mallaby sulit dikenali. Kematian Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh untuk mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. Sampai situ saja cerita singkatnya, intinya kita harus menghormati,menghargai dan mengingat pahlawan Indonesia. MERDEKAAAA!!!!
Hasil gambar untuk FOTO MERDEKA

TERIMA KASIH

5 komentar:

siapa tak kenal youtube? situs web untuk berbagai video yang dibuat oleh 3 mantan karyawan paypal pada februari 2005 ini telah sukses merai...